Pages

Powered by Blogger.

JENIS - JENIS KABEL LISTRIK INSTALASI RUMAH TINGGAL

Friday, February 22, 2013

JENIS - JENIS KABEL LISTRIK


    Kita sering menggunakan kabel dalam kehidupan kita sehari-hari untuk instalasi rumah dan lain-lainnya. tetapi yang kita ketahui dari kabel hanya fungsinya saja yaitu sebagai penghantar arus listrik. Tetapi terkadang kita tidak mengetahui jenis-jenis dari kabel itu sendiri. Disini saya akan menjelaskan beberapa jenis-jenis kabel, karena dengan mengetahui jenis-jenis dari kabel dan ukuran kapasitasnya lebih memudahkan kita dalam penggunaanya dan juga tidak membahayakan diri kita sendiri.

       
Kabel NYA : Kabel jenis ini di gunakan untuk instalasi rumah dan dalam instalasi rumah yang sering di gunakan adalah NYA dengan ukuran 1,5 mm2 dan 2,5 mm2. Yang berinti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC Kode warna isolasi ada warna merah, kuning, biru dan hitam. Lapisan isolasinya hanya 1 lapis sehingga mudah cacat, tidak tahan air (NYA adalah tipe kabel udara) dan mudah digigit tikus. agar aman jika menggunakan kabel tipe ini lebih baik kabel di pasang di dalam pipah atau saluran penutup, karena selain tidak bisa di ganggu sama hewan pengerat dan tidak kenah air, juga apabila ada isolasi yang terkelupas (terbuka) tidak bisa tersentuh langsung sama manusia.      




       


 Kabel NYM : Kabel jenis ini hanya direkomendasikan khusus untuk instalasi tetap di dalam bangunan yang dimana penempatannya biasa diluar/ didalam tembok ataupun didalam pipa (conduit). Kabel NYM berinti lebih dari 1, memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna putih atau abu-abu), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis, sehingga tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA (harganya lebih mahal dari NYA). Kabel ini dapat dipergunakan dilingkungan yang kering dan basah, namun tidak boleh ditanam. 





Kabel NYY : Kabel ini dirancang untuk instalasi tetap didalam tanah yang dimana harus tetap diberikan perlindungan khusus (misalnya duct, pipa PVC atau pipa besi). Kabel protodur tanpa sarung logam. Instalasi bisa ditempatkan didalam dan diluar ruangan, dalam kondisi lembab ataupun kering. memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna hitam), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Dan memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat dari kabel NYM (harganya lebih mahal dari NYM). Kabel NYY memiliki isolasi yang terbuat dari bahan yang tidak disukai tikus.



Kabel NYAF : Kabel ini direncanakan dan direkomendasikan untuk instalasi dalam kabel kotak distribbusi pipa atau didalam duct. Kabel NYAF merupakan jenis kabel fleksibel dengan penghantar tembaga serabut berisolasi PVC. Digunakan untuk instalasi panel-panel yang memerlukan fleksibelitas yang tinggi, kabel jenis ini sangat cocok untuk tempat yang mempunyai belokan – belokan tajam. Digunakan pada lingkungan yang kering dan tidak dalam kondisi yang lembab/basah atau terkena pengaruh cuaca secara langsung.



Kabel NYFGbY/NYRGbY/NYBY : Kabel ini dirancang khusus untuk instalasi tetap dalam tanah yang ditanam langsung tanpa memerlukan perlindungan tambahan  (kecuali harus menyeberang jalan). Pada kondisi normal kedalaman pemasangan dibawah tanah adalah 0,8 meter.






Kabel NYCY : Kabel ini dirancang untuk jaringan listrik dengan penghantar konsentris dalam tanah, dalam ruangan, saluran kabel dan alam terbuka. Kabel protodur dengan dua lapis pelindung pita CU Kabel. Instalasi ini bisa ditempatkan diluar atau didalam bangunan, baik pada kondisi lembab maupun kering.



Kabel BC : Kabel ini dipilin/stranded, disatukan. Ukuran / tegangan mak = 6 – 500 mm2 / 500 V Pemakaian = saluran diatas tanah dan penghantar pentanahan.



Kabel AAAC : Kabel ini terbuat dari aluminium-magnesium-silicon campuran logam, keterhantaran elektris tinggi yang berisi magnesium silicide, untuk memberi sifat yang lebih baik. Kabel ini biasanya dibuat dari paduan aluminium 6201. AAAC mempunyai suatu anti karat dan kekuatan yang baik, sehingga daya hantarnya lebih baik.



Kabel ACSR : Kabel ACSR merupakan kawat penghantar yang terdiri dari aluminium berinti kawat baja. Kabel ini digunakan untuk saluran-saluran Transmisi tegangan tinggi, dimana jarak antara menara/tiang berjauhan, mencapai ratusan meter, maka dibutuhkan kuat tarik yang lebih tinggi, untuk itu digunakan kawat penghantar ACSR.





Kabel ACAR : Kabel ACAR yaitu kawat penghantar aluminium yang diperkuat dengan logam campuran, sehingga kabel ini lebih kuat daripada kabel ACSR.



Kabel NYMHYO : Merupakan kabel jenis serabut dengan berintikan dua serabut. Kabel ini biasanya digunakan untuk soundsystem, loudspeaker, virtual video. Gunakan kabel jenis NYA/NYM untuk jembatan / hantaran listrik yang bersifat permanen. Untuk pemakaian daya yang besar seperti televisi, magicom, sanyo, kulkas, Ac gunakan jenis kabel ini secara langsung. Jenis kabel ini mampu menghantar hingga 700 VA sehingga aman dan menjadikan pembayaran rekening listrik menjadi murah. Untuk jenis kabel NYMHYO biasanya digunakan pada model Roll. Jika digunakan pada pemakaian daya yang besar seperti tersebut diatas hanya bersifat temporary / sementara karena jenis kabel ini hanya mamapu menghantarkan listrik 20VA-50VA. Kurangi / hilangkan pemakaian jenis kabel ini karena mudah sekali menimbulkan bahaya listrik serta menjadikan pembayaran listrik membengkak. Spin control berputar berdasarkan panas yang dikeluarkan oleh energi listrik. Untuk jenis kabel NYMHYO biasanya digunakan pada lampu taman.






NYMHY : Kabel jenis ini khusus direkomendasikan untuk digunakan sebagai penghubung alat-alat rumah tangga yang sering dipindah pindah dan harus ditempat kering. Kabel ini mempunyai isolasi plastic tahan panas. Bilamana digunakan untuk penghubung alat pemanas, maka pada titik sambungannya antar alat dengan kabel, temperaturnya tidak boleh lebih dari 85 derajat Celcius, karena hal tersebut dapat membahayakan kabel itu sendiri



33 comments

  1. sipp bro, silahkan mampir
    http://electrozone94.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan setuju ini blognya infonya sangat bagus sekali jenis kabel

      Delete
    2. kabel murah dan berkwalitas di balikabel.co.id

      Delete
  2. artikel yang bermanfaat gan... menambah wawasan kita semua.. thanks gan...
    Rajalistrik.com

    ReplyDelete
  3. terimakasih gan atas infonya
    salam kenal yah gan
    rajalistrik.com

    ReplyDelete
  4. Artikel ini mengingatkanku waktu masih dibangku STM, sebenarnya udah lupa tp berhubung lagi butuh mau instalasi rumah sendiri, akhirnya ane cari-cari dan ketemu artikel ini jadi ingat lagi. Thanks gan infonya

    www,kaosteranyar,com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan sama2
      Semoga bisa bermanfaat :)

      Delete
    2. kabel murah dan berkwalitas di balikabel.co.id

      Delete
  5. thanks ya :D
    berguna buat ane yang lagi kuliah :D

    ReplyDelete
  6. info yang sangat bagus..
    ijin copas untuk share ya Mas..

    ReplyDelete
  7. kabel murah dan berkwalitas di balikabel

    ReplyDelete
  8. infonya bagus , thanks gan
    www.peluangproperti.com

    ReplyDelete
  9. Waah informasi yang amat bagus gan, terimakasih banyak
    kami tunggu kunjungan baliknya di www.rajalistrik.com

    ReplyDelete
  10. kabel untuk stop kontak bagus yang mana gan,,,,,ukuran berapa

    ReplyDelete
  11. Untuk instalasi rumah tinggal pada umumnya pake kabel jenis NYM 3 x 1,5mm

    ReplyDelete
  12. bang, dosen saya suruh nyari fungsi isolating tip dan brach connector
    .. tapi di googling gak ketemu2,mungkin abang tau

    ReplyDelete
  13. Sangat bermanfaat.. http://ahlilistrikcibubur.blogspot.co.id/2017/09/0812-8721-3970-tukang-listrik-di-cibubur.html

    ReplyDelete
  14. Mohon bantuannya master.. kabel yg bagus untuk di masuk kan air.. ex. Sibel.. apa ya . T. Kasih

    ReplyDelete
  15. Setahu saya semua kabel bisa gan, cuma harus di pasang protektor untuk menghindari apabila ada kebocoran arus tidak sampai mengenai langsung ke air.

    ReplyDelete
  16. Gan, mau Nanya, kalau kabel Duplex itu yg gimana, ya?, mhn penjelasannya.Thanks

    ReplyDelete
  17. untuk kebutuhan kabel dapat dilihat di https://cvamid.com

    ReplyDelete
  18. Ask him about his new habits and interests. When you discover new things about your partner,Click here

    ReplyDelete

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading